AMANKAN TAHUN BARU POLISI DI KARIMUN SUSUPI KERUMUNAN WARGA

Ratusan aparat keamanan menyusup di tengah ribuan warga yang memadati Pantai Pelawan, Karimun, Kepulauan Riau, Kamis (1/1) guna mengamankan perayaan malam pergantian tahun.

Kapolres Karimun, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Djoko Rudi E SH, SIk, Kamis (1/1) dinihari mengatakan, jajarannya sengaja disusupkan di tengah kerumunan warga guna mengantisipasi tindak kriminal, perkelahian, copet dan berbagai tindak kejahatan lainnya.

''Sebagian besar personil pengamanan malam tahun baru memang kita pusatkan di kawasan obyek wisata, Pantai Pelawan dan Pongkar,'' ujar Djoko Rudi.

Khusus di Pantai Pelawan, jumlah personil yang dikerahkan di sana jauh lebih banyak dari pada di Pantai Pongkar, Desa Pongkar Kecamatan Tebing, mengingat Pantai Pelawan merupakan sentral perayaan tahun baru kali ini.

''Jumlah personil di Pantai Pelawan ini mencapai seratus orang, baik berseragam maupun tidak, bagi yang tidak berseragam menyusup dan membaur di tengah kerumunan warga, tujuannya untuk mendeteksi secara dini seandainya terjadi tindak kejahatan,'' jelasnya.

Dikatakannya, keramaian dalam perayaan pergantian tahun tersebut biasanya rawan tindak kejahatan seperti copet, perkelahian dan aksi mabuk-mabukan. Karena itu, pengamanan di pantai tersebut diperketat seiring semakin membludaknya kunjungan warga di pantai yang terletak di Desa Pangke Kecamatan Meral itu.

''Alhamdulillah, hingga pukul 02.00 dinihari tidak ada laporan kerusuhan atau tindak kejahatan, semuanya masih berjalan lancar berkat partisipasi aktif masyarakat,'' ungkapnya.

Djoko Rudi menambahkan, dalam mengamankan malam tahun baru, dua pertiga kekuatan Polres Karimun dikerahkan menjadi dua tim, yaitu tim pengamanan stasioner pengamanan obyek wisata dan tim pengamanan obyek-obyek vital lainnya. Selain itu, ada juga tim bergerak yang melakukan patroli di jalan-jalan protokol dalam mengantisipasi kemacetan dan kecelakaan lalulintas (laka lantas).

''Pengamanan malam tahun baru ini merupakan bagian dari Operasi Lilin Seligi 2008. Jumlah personil yang kita kerahkan sebanyak 282 orang,'' pungkasnya.

Pantauan wartawan di lapangan, malam pergantian tahun baru di Pantai Pelawan benar-benar meriah, ribuan warga dari berbagai penjuru memadati pantai berpasir putih tersebut. Keramaian warga mulai terjadi sejak sore hari dan mencapai puncaknya saat detik-detik pergantian tahun yang ditandai raungan sirine oleh Bupati Karimun, H. Nurdin Basirun yang didampingi Wakil Bupati, H Aunur Rafiq dan Kapolres Karimun AKBP Djoko Rudi.

Seiring dengan raungan sirine, suasana langit pantai yang semula gelap gulita berubah gemerlap dengan warna-warni kembang api. Masyarakat banyak yang mengabadikan pesta kembang api tersebut dengan menggunakan telepon seluler.

''Ini momen sekali tahun. Sayang untuk dilewatkan begitu saja,'' tutur Arif, seorang pengunjung.

Sementara itu, Bupati Karimun H Nurdin Basirun saat memberikan sambutan pergantian tahun menghimbau kepada masyarakat agar memanfaatkan momentum tersebut dengan introspeksi diri dan meningkatkan etos kerja menuju kehidupan lebih baik.

''Pemerintah Kabupaten Karimun ke depannya akan berupaya meningkatkan sektor pariwisata, khususnya obyek wisata pantai sebagai aset daerah. Namun, hal itu harus diiringi dengan semangat etos kerja dari seluruh lapisan masyarakat,'' kata Nurdin.

Bupati Karimun, H Nurdin Basirun beserta rombongan, seusai menghadiri pergantian tahun di Pantai Pelawan kemudian melanjutkan pantauannya ke Pantai Pongkar di Desa Pongkar Kecamatan Tebing. Tidak jauh berbeda dengan Pantai Pelawan. Suasana di Pantai Pongkar juga meriah dengan ribuan warga, mereka membuat tenda-tenda untuk menikmati malam pergantian tahun di pinggir pantai.

Pihak panitia setempat juga menyuguhkan hiburan musik bagi para pengunjung sehingga menambah semarak di kedua obyek wisata tersebut.
(Rusdianto)

No comments

Post a Comment

Home