TENTANG KABUPATEN KARIMUN


1. Wilayah

Kabupaten Karimun dibentuk berdasarkan Undang-undang nomor 53 tahun 1999. Pada awal terbentuknya wilayah Kabupaten karimun terdiri dari tiga kecamatan, yakni Kecamatan Karimun, Moro dan Kundur. Selanjutnya berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Karimun nomor 16 tahun 2001, maka wilayah Kabupaten karimun dimekarkan menjadi 8 kecamatan, dan akhirnya berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Karimun nomor 10 tahun 2004 dimekarkan lagi menjadi 9 kecamatan yaitu Kecamatan Karimun, Meral, Tebing, Kundur Kota, Kundur Utara, Kundur Barat, Durai, Moro dan Buru. Sementara jumlah kelurahan sebanyak 22 Kelurahan dan 32 Desa dengna 327 RW dan 945 RT.

Berdasarrkan luasan wilayahnya, Kabupaten Karimun merupakan Daerah kepulauan yang mempunyai luas 7.984 kilometer persegi yang terdiri dari wilayah daratan seluas 1.524 kilometer persegi dan wilayah perairan seluas 6.460 kilometer persegi. Secara astronomis terletak antara 0 derjat 35 detik lintang utara sampai dengan 1 derjat 10 detik Lingtang Utara dan 1103 derjat 30 detik Bujur Timur sampai dengan 104 derjat Bujur Timur .

Kabupaten Karimun Berbatasan Langsung Dengan:

Utara :Selat Malaka dan Singapura
Selatan : Kecamatan Kateman Kabupaten Indragiri Hilir
Barat : Kecamatan Rangsang, Kabupaten Bengkalis dan Kecamatan Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan.
Timur : Kota Batam dan Kepulauan Riau.

Sebagai daerah kepulauan, Kabupaten Karimun memiliki 245 pulau dimana 3 diantaranya merupakan pulau-pulau yang besar, yakni pulau Karimun, Pulau Kundur dan Pulau Sugi. Dari 245 pulau tersebut dimana wilyah Kabupaten Karimun terdiri dari 73 pulau berpenghuni, 172 pulau tidak berpenghuni, 200 pulau bernama dan 45 pulau tidak bernama.

2. Tentang Daratan dan Perairan

Kabupaten Karimun merupakan wilayah yang relative datar dan landai dengan ketinggian 2-500 meter diatas permukaan laut. Sebagian wilayah Kabupaten Karimun merupakan pegunungan/ perbukitan dengan kemiringan 40 dan ketinggian 20-500 meter diatas permukaan laut, yang terdapat di Utara Pulau Karimun.
Disamping itu pada beberapa pulau diwilayah Kabupaten karimun terdapat rawa-rawa. Kemudian, dilihat dari keberadaan potensi wilayahnya maka wilayah laut Kabupaten Karimun merupakan perairan yang subur karena sebagian wilayahnya berada pada Selat Malaka.

3. Tentang Iklim

Sebagaiman daerah Tropis lainnya, Kabupaten Karimun hanya mengenal dua musim yaitu musim Kemaru dan musim Hujan. Temperatur udara rata-rata mencapai 27.2 derjat, kelembatan udara 85 persen.

Musim kemaru pada umumnya terjadi di Kabupaten karimun sepanjang bulan Pebruari sampai dengan bulan Juni. Sedangkan bulan Januari mengalami curah hujan rata-rata pertahun mencapai 238.6 milimeter. Kecepatan angin maksimun terjadi pada musim hujan dengan rata-rata kecepatan perhari 4 knot.

4. Kependudukan

Penduduk Kabupaten Kairmun per April 2006 diperkirakan mencapai 205.483 jiwa terdiri dari 105.484 jiwa laki-laki dan perempuan cenderung stabil selama 3 tahun terakhir. Yaitu berkisar 51 persen dan 49 persen.

Sumber: Pemkab Karimun

No comments

Post a Comment

Home